Cari Blog Ini

Kamis, 31 Maret 2011

ADAT PERKAWINAN SUKU BUGIS


ADAT PERKAWINAN SUKU BUGIS
DI TANJUNG JONE KECAMATAN JEMPANG KABUPATEN KUTAI BARAT
HASIL PENGAMATAN TAHUN 1989
OLEH BUDI HARSONO

MELAMAR

Pada saat melamar harus orang tua pihak laki-laki yang dating. Namun sebelumnya sudah ada pemberitahuan dari pihak laki-laki secara rahasia, bahwa akan ada orang melamar kepada pihak wanita. Pemberitahuan ini biasanya di lakukan oleh dua orang .
Setelah pemberitahuan itulah pihak laki-laki dating secara resmi untuk melamar . di terima dan tidaknya , selalu member jangka waktu untuk memepertimbangkan , terutama mau dan tidaknya pihak yang di lamar.

Pada hari yang telah di janjikan ,pihak laki-laki dating lagi untuk menanyakan kepastiannya . pihak wanita menyuruh orang lain ( wakil keluarga ) untuk menjawabnya , serta menentukan jumlah jujuran / sumahan apabila lamaran sudah di terima . pada saat ini kadang-kadang sering terjadi tawar-menawar . namun jika lamaran di tolak , biasanya dengan alas an sudah ada yang melamar terlebih dahulu.
Pada saat tawar menawar itulah , jika pihak laki-laki sudah merasa cocok , mereka bertanya , apakah uang jujuran itu di antar sebelum perkawinan ataukah pada saat upacara.

MENGHANTAR UANG JUJURAN
Mengantarkan uang jujuaran merupakan adat yang di laksanakan dan di saksikan oleh keluarga dari kedua belah pihak . dari laki-laki , pembawa uang harus orang lain . pengantin pria tidak boleh hadir .
Uang di taruh dalam tempat tertentu yang bungkus dengan kain putih dan di gendong di depan . di dalam tempat tersebut , diisi:

Pemedas
Kunyit
Pala
Kayumanis
Sirih
Pinang

Alat-alat ini juga di sediakan oleh pihak perempuan , yang nantinya di tukarkan dengan pihak laki-laki.
Pada saat penyerahan uang , ada kata-kata khusus yang biasanya di ucapkan oleh pihak laki-laki ”UANG INI KUSERAHKAN,TAPI DENGAN SATU PERMINTAAN ,JANGAN DENGARKAN OMONGAN ORANG LAIN “. Demikian pula pihak perempuan .
Kalimat itu sendiri sudah merupakan keharusan , karena sering terjadi sebelum perkawinan berlangsung , ada suara – suara yang berusaha menggagalkan bagi mereka yang tidak senang.

MEMASANG KELAMBU

Memasang kelambu merupakan bagian upacara adat perkawinan yang tak boleh di tinggalkan . karena kelambu pengantin merupakan bukti barang pembelian dari uang jujuran pihak laki-laki .selain itu , kelambu ini nantinya akan di hias seindah mungkin , seperti menghias kelambu sang raja dan ratu.

Alat-alat yang harus di sediakan pada saat memasang kelambu , al:
Lampu
Nasi ketan
Kelapa
Gula merah
Penduduk ( beras gula kelapa )
Penduduk di serahkan kepada yang menggantung kelambu .
Sehingga kalau ada apa-apa yang bertanggung jawab adalah penggantung kelambu.
###### 10 hari setelah perjanjian pertama ,pihak laki-laki bertanya lagi tentang kepastian hari perkawinan. Pertanyaan ini harus di jawab dengan pasti , dan tidak boleh di gagalkan , kecuali kematian dari sebelah pihak.

TANGKEK ( DI KURUNG DALAM KELAMBU )

Bagi pengantin wanita , saat –saat menjelang perkawinan ,ada adat tersendiri . 7 hari atau 10 hari sebelum hari perkawinan , pengantin wanita harus masuk dalam kurungan yang berupa kelambu. Dalam kurungan inipun banyak pantangan yang harus di taati :

a. Orang laki-laki tidak boleh melihat , kecuali muhrimnya .
Hal ini di maksudkan agar tidak kena pengaruh dari luar ,untuk menghasud pengantin wanita agar gagal dalam perkawinanya . masalah ini pernah terjadi ,ketika menjelang perkawinan ,pengantin wanita hilang di bawa laki-laki lain. Selain itu juga untuk menghindari agar pengantin wanita tidak di tukar dengan yang lain . karena pernah terjadi pula , yang dilamar adiknya ,ternyata ketika bersanding di tukar oleh kakaknya.

b. Makan dan minum harus di batasi.
Agar nantinya tidak banyak mengeluarkan keringat , badan tidak berbau , dan tubuh tampak bersih dan langsing. Di kawatirkan , pada saat bersanding memepelai ingin buang air .

MAPACI ( MEMBERI PACAR PADA KUKU )

Mapaci / mewarnai kuku dengan daun pacar agar berwarna merah kekuning-kuningan. Hal ini juga untuk member tanda , bahwa yang kukunya di pacar , dialah yang akan melaksanakan perkawinan .
Dalam memasang daun pacar pada pengantin , harus di mulai dari orang orang wanita tua , atau sesepuh-sesepuh dari keluarganya. Ini kadang –kadang di ikuti pula oleh wanita-wanita yang masih bujang , agar mereka juga cepat mendapat jodoh.
Jari –jari yang di pacar tidak semuanya , melainkan jari tengah kedua tangan harus di biarkan bersih…………..

MACEKO ( MENGALIS )

Maceko, atau memeperbaiki alis, yang di tandai dengan mencukur sebagian bulu-bulu alis.
Cara MACEKO , harus ada alat yang di gunakan , yaitu
Kelapa dan gula merah………….
Di ambil sedikit untuk di cicipi pengantin , barulah di gariskan di kening , lantas di perbaiki alisnya. Hal ini dilakukan oleh orang-orang tua , sebanyak tujuh orang secara beriringan
.
MANRE DEWATA

Manre Dewata , di lakukan setelah Tudang Peni.
Alat yang di sediakan yaitu PENDUDUK yang di bungkus dengan daun pisang . penganten memakanya sedikit , barulah di makan bersama .
Hal ini bertujuan untuk menghindari gangguan-gangguan iblis.

MATIRO

Matiro di lakukan sehari sebelum perkawinan. Yang biasanya di lakukan pada malam hari.
Alat-alat yang di bawa:
Pisang alat-alat ini di maksudkan sebagai bekal untuk hidup baru, agar selalu mendapat berkah seperti kesuburan tanaman dan buah –buahan tersebut dalam hidupnya.
Kelapa muda
Labu
Singkong
Tebu
Ketan + inti
Nangka belolang……
Gula merah

Alat yang sudah siap di antarkan dahulu ke tempat memepelai wanita , yang di terima oleh wakil orang tuanya . dengan mengatakan……………
Di sini, buah-buahan tersebut di bagikan kepada anak-anak muda . barulah sisanya di simpan. Setelah penyimpanan buah tersebut pengantin laki-laki dating bersama beberapa orang muda seusia, dan diusahkan tingginya sama , agar orang tidak tahu , manakah pengantin yang sebenarnya .

Dengan mengenakan kain yang di buat seperti sarung , iringan pengantin laki-laki dating dengan kain tertutup dari ujung rambut sampai ke ujung kaki, kecuali matanya saja yang tampak. Dating ke rumah pengantin wanita langsung menuju ke kelambu tempat persembunyian pengantin wanita , yang mengenakan kain yang sama, untuk melihat apakah yang mengenakan kain yang sama , untuk melihat apakah yang akan kawin itu sesuai dengan gadis yang di lamranya atau bukan.

KAWING ( UPACARA PERKAWINAN )

Pelaksanaan upacara perkawinan harus di tempat perempuan . sesudah kawing, barulah acara FALUWANGI.
FALUWANGI DI MAKSUDKAN AGAR PENGANTIN TIDAK BERCERAI.
Setelah ijab Kabul, laki-laki memebatalkan whudunya ( isterinya ) kemudian keduanya di masukan kedalam kain putih yang sudah di jahit berupa lingkaran. Waktu di masukan , kain di jahit sekedarnya di antara pengantin laki-laki dan perempuan , kemudian di kelilingi lampu sebanyak tiga kali………………………..
Setelah itu barulah didirikan sama-sama , kain di masukan dan di lepaskan ke bawah
PADA WAKTU KAWIN perempuan tidak boleh keluar, karena kwatir batal wudunya sebelum menyentuh suaminya
Ketika pengantin laki-laki tiba di luar , pengantin perempuan di suruh berdiri sembula memegang belida ( alat tenun ) sambil menghadap ke matahari terbit. Hal ini di lakukan dalam kelambu , sambil menunggu suaminya di nikahkan .
Setelah laki laki masuk mendatangi isterinya , barulah belida itu di lepaskan untuk membatalkan wudhu

SITUDANCENG ( BERSANDING )

P ULIAM PUNGEK

Sehari setelah perkawinan , pengantin laki-laki pulang ke tempat orang tuanya untuk minta kepada ibunya berupa :
Kelapa
Gula merah
Telor
Untuk di antarkan ke tempat isterinya
Ketika kembali ke tempat mertua untuk menemui isterinya , sang suami harus mencari isterinya yang sengaja di sembunyikan. Dalam pencarian ini biasanya juga mempunyai mata-mata agar cepat menemukanya .
Setelah , bertemu kelapa di berikan isterinya , di taruh di pangkuanya , itulah penghasilan suami untuk yang pertama kalinya.

MABENI MANUK

Sore harinya sang suami memebawa isterinya kerumah, dengan berbekal kue, untuk melaksanakan acara mabeni manuk.

Di tempat mertua tidak boleh makan dan minum ( seperti ayam yang tidur )
Di pagi-pagi buta , subuh harus sudah pulang , dan mertua harus mengisi rantangnya dengan benda-benda lain yang berupa makanan. Selain itu mertua pun memberikan pakaian kepadanya .

Pada waktu tidur , belum diijinkan bersama. Tapi pengantin wanita tidur dengan wanita , begitu pula sebaliknya .

Malam berikutnya , bermalam di tempat sang isteri selama tiga malam. Kemudian di tempat laki-laki tiga malam. Pada saat ini, pengantin oleh mertua. Nantinya kan di suruh membuka celana dan awinya…………………..untuk di hadiahi sarung baju selengkapapnya.
7 malam berikutnya , bermalam di tempat sang suami tanpa di temani oleh sanak keluarga. Sampai hari ke 41 sang suami harus tetap tinggal di tempat sang isteri , untuk membantu mertua.

Untuk menggalang kerukunan keluarga , sang pengantin di haruskan mengunjungi sanak family. Dan keluarga yang di datangi harus memberikan sesuatu, supaya penganten banyak rejeki.

Setelah 41 hari , barulah sang penganten di ijinkan usaha luar atau mandiri. Keberangkatan penganten baru untuk hidup mandiri , biasanya di bekali dengan nasi pulut dan inti dari kedua belah pihak. Hal ini untuk menghindari pertengkaran yang terjadi , misalnya “ apa bekalmu ketika ke sini”. Makanan tersebut akan di bagikan kepada teman –teman nya untuk pertanda , inilah bekal penganten baru.
========
Akibat jujuran, kadang-kadang terjadi , sampai mempunyai anak masih menanggung hutang.

MANRE LEBE ( MAKAN TAMAT )

Makan tamat adalah salah satu adat yang di gunakan untuk merayakan seseorang yang selesai / menamatkan membaca kitab Al quran. Seorang laki-laki ataupun perempuan ,apabila mereka melangsungkan perkawinan harus sudah tamat membaca Al quran. Apabila belum , pada umunya , beberapa minggu sebelum hari perkawinanya , mereka belajar tekun menyelesaikan membaca Al quran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar